6 Cara Cek Garansi Realme Paling Mudah (Update Terbaru 2023)

6 Cara Cek Garansi Realme Paling Mudah (Update Terbaru 2023)

Kerusakan pada smartphone Realme yang sudah terlanjur parah sebaiknya dibawa ke service center. Namun, ada baiknya kamu memanfaatkan garansi agar biayanya lebih ringan. Sayangnya, masih banyak yang belum memahami dengan benar cara cek garansi Realme

Sebagai smartphone dengan range harga yang beragam, Realme memang banyak diminati masyarakat Indonesia. Untuk versi entry level sendiri dibanderol mulai 1 jutaan. Adapun untuk service center merek asal Tiongkok ini cukup mudah ditemui di berbagai tempat di tanah air.

Syarat dan Kebijakan Garansi Realme

Sebelum membawa ponsel Realme kamu ke service center terdekat, ada baiknya memahami apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Pasalnya, terkadang pengguna smartphone tidak menyadari bahwa garansi HP-nya sudah tidak berlaku. 

Adapun syarat dan kebijakan garansi HP Realme, termasuk aksesori dan produk IoT dilansir dari website Realme yaitu sebagai berikut.

  • Garansi hanya berlaku untuk HP dan aksesori Realme yang dibeli di Indonesia, garansi Internasional tidak berlaku di service center.
  • Masa garansi dimulai dari tanggal aktivasi perangkat atau yang tanggal tercantum di faktur pembelian. 
  • Sebaiknya pelanggan membawa kotak dus asli dan bukti transaksi pembelian saat mengunjungi service center.
  • Selama masa garansi berlaku dan terjadi kegagalan fungsi, maka pihak Realme akan memberikan perawatan gratis di service center. Termasuk setiap suku cadang yang ada adalah resmi milik Realme.
  • Garansi tidak berlaku untuk smartphone yang di-root pelanggan.

Hal-Hal yang Menyebabkan Garansi Realme Tidak Berlaku

Sebelum memahami cara cek garansi Realme C21Y dan tipe lainnya, ada baiknya kamu juga mengetahui apa saja pengecualian di dalamnya. Pada dasarnya, garansi yang diberikan Realme tidak mencakup kerusakan yang dibuat oleh pemiliknya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kondisi yang membuat garansi Realme tidak berlaku. 

  • Masa garansi sudah melewati waktu yang tertera di kartu garansi atau faktur pembelian. 
  • Sebelumnya sudah terjadi perbaikan tidak resmi dari pihak ketiga (tempat service non-resmi). Termasuk pembongkaran, perbaikan mandiri, dan modifikasi. 
  • Stiker garansi Realme menghilang atau sengaja diubah. 
  • Garansi perangkat tidak termasuk keausan alami misalnya pada konektor, kabel, dan sebagainya.
  • Perangkat mengalami kerusakan akibat kecerobohan, misalnya tertekan, terjatuh, terkena air, dan sebagainya. 
  • Pelanggan tidak memiliki kartu garansi dan bukti pembelian yang resmi, kecuali bisa membuktikan bahwa perangkat dan aksesori masih dalam masa garansi.
  • Garansi tidak berlaku untuk produk yang dibeli di luar negeri.

6 Cara Cek Garansi Realme

Perlu diketahui bahwa setiap pelanggan akan mendapatkan jaminan resmi yang berasal dari produsen langsung. Biasanya masa garansi untuk smartphone dan aksesorisnya selama 12 bulan. Masa garansi berlaku tepat satu hari setelah tanggal pembelian dilakukan.

Jika masa garansi sudah lewat dari tanggal tersebut, maka jaminan dari produsen sudah tidak berlaku. Dengan demikian, kamu harus mengeluarkan dana sendiri jika kerusakan terjadi di luar masa garansi. Adapun untuk pengguna Realme sendiri bisa mengecek masa garansi melalui tutorial berikut ini.

1. Melalui Distributor (Khusus Garansi Distributor)

Apakah ada garansi distributor Realme? Sebagai salah satu merek smartphone populer, tentunya jenis garansi ini ada. Sesuai dengan namanya, garansi ini diberikan oleh pihak distributor non-resmi yang dipilih vendor Realme. 

Tidak perlu khawatir, ketika membeli produk Realme dengan garansi distributor, hal ini tidak mempengaruhi kualitas produk itu sendiri. Bukan berarti perangkat dan aksesori yang dijual itu palsu, rekondisi, atau replika. 

Garansi distributor berbeda dengan jaminan resmi, kamu bisa memahaminya ketika membeli produk Realme yang baru. Saat melakukan pembelian, maka ada dua jaminan yang didapat yaitu dari pihak distributor dan produsen resmi (Realme). 

Jika garansi dari pihak resmi biasanya selama 12 bulan, maka untuk garansi distributor biasanya selama 30-90 hari. Untuk mengklaim garansi tersebut, kamu bisa menghubungi pihak distributor dengan mendatangi langsung maupun menghubungi via online

2. Melalui Situs Kemenperin

Cara cek garansi Realme selanjutnya yaitu melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity). Perlu diketahui bahwa kode IMEI juga berperan terhadap masa jaminan sebuah smartphone, termasuk Realme. 

Berikut cara cek IMEI Realme online beserta informasi mengenai garansinya.

  • Langkah pertama, kamu harus mengetahui kode IMEI HP Realme yang digunakan terlebih dahulu. 
  • Caranya dengan tekan kode *#06# di menu dial.
  • Tunggu beberapa saat sampai kode IMEI muncul untuk selanjutnya dicek di situs Kemenperin.
  • Silahkan buka browser yang biasa digunakan di HP. 
  • Selanjutnya kunjungi situs resmi Kemenperin cek IMEI di sini. 
  • Jika halaman utama website sudah terbuka, selanjutnya masukkan kode IMEI yang sudah didapatkan tadi. 
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai status terdaftar perangkat, masa jaminan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 6 Cara Mengunci Aplikasi di Hp Realme

3. Melalui Service Center Realme Terdekat

Sebagai salah satu vendor smartphone yang rajin merilis produknya di tanah air, sudah pasti service center Realme ada dimana-mana. Setidaknya di setiap kota terdapat beberapa gerai service center merek asal Tiongkok ini. 

Oleh karena itu, kamu bisa mengecek di Google dengan kata kunci ‘service center Realme terdekat’. Untuk lebih jelasnya, berikut cara cek garansi Realme di service center. 

  • Langkah pertama, cari informasi mengenai service center resmi terdekat, kamu bisa melihat daftarnya di sini. 
  • Siapkan perangkat, kotak dus, bukti transaksi pembelian jika ada. 
  • Kunjungi service center terdekat yang sudah ditemukan. 
  • Ambil nomor antrean lalu tunggu sampai nomor kamu dipanggil. 
  • Jika sudah, kamu bisa menanyakan seputar masa garansi apakah masih berlaku atau tidak beserta apa saja yang di-cover jaminan tersebut. 

Jika merasa memiliki hal-hal penting di dalam smartphone dan masih bisa diakses, ada baiknya melakukan backup. Kamu bisa backup manual menggunakan kartu memori atau flashdisk. Namun agar lebih praktis, backup dilakukan melalui layanan cloud server.

Baca Juga : Cara Merekam Layar HP Realme untuk Membuat Konten

4. Melalui Dus Kemasan Produk

Cara cek garansi Realme sebenarnya sangat mudah sehingga kamu bisa mengetahui apakah jaminan kerusakan masih berlaku atau tidak. Salah satu caranya adalah dengan mengecek pada kemasan produk. 

Biasanya di bagian belakang dus terdapat beberapa informasi penting seperti IMEI dan masa garansi. Namun jika tidak menemukannya, kamu bisa melihatnya di guide book resmi dari Realme.

Baca Juga : Cara Menggandakan Aplikasi di HP Realme Pakai Aplikasi dan Sistem

5. Menggunakan Menu Pengaturan

Terdapat cara mudah lainnya yang bisa dilakukan untuk memeriksa masa garansi Realme. Pada dasarnya, kamu bisa mengetahuinya melalui menu About Phone di Pengaturan. 

  • Buka menu Settings atau Pengaturan di smartphone Realme yang digunakan.
  • Scroll ke bawah lalu pilih About Phone atau Tentang Perangkat. 
  • Selanjutnya, ketikkan sub menu Status dan tunggu beberapa saat sampai informasinya muncul.
  • Akan muncul informasi detail mengenai perangkat, mulai dari tipe, sistem operasi, model, RAM, dan sebagainya.

6. Menghubungi Kontak Resmi Realme

Pengguna Realme memang begitu banyak di Indonesia, hal ini dibarengi dengan call center-nya yang bisa dihubungi di berbagai platform. Cara cek garansi Realme bisa dilakukan dengan menghubungi call center-nya sebagai berikut.

  • Email: [email protected]
  • Nomor telepon: (021)2235 6666
  • Chat support Realme: https://www.realme.com/id/support
  • Instagram: @realmeindonesia
  • Twitter: @realmeindonesia

Penutup

Kamu bisa memilih salah satu cara cek garansi Realme yang dirasa paling mudah. Jika service center Realme di tempat tinggal kamu cenderung dekat, maka tidak ada salahnya mengunjunginya. Pelanggan akan mendapatkan informasi lebih detail, termasuk apa saja kerusakan yang tidak ter-cover jaminan.