Cara Menyembunyikan Foto di HP OPPO Semua Series Terbaru

Cara Menyembunyikan Foto di HP OPPO

Pengguna HP OPPO tidak perlu takut ada orang lain yang bisa melihat foto privat mereka di HP, karena sudah ada fitur bawaan untuk menyembunyikannya. Jadi, cara menyembunyikan foto di HP OPPO akan sangat mudah, tidak perlu download aplikasi pihak ketiga.

Pasti kita pernah memiliki foto, video, dokumen dan jenis file lainnya, yang privat dan seharusnya tidak boleh dilihat orang lain. Karena itu, HP OPPO memunculkan fitur ini yang memungkinkan pengguna bisa menyembunyikan foto rahasia mereka dengan aman 100%.

Private Safe, Fitur Privasi Andalan OPPO

Sekarang ini, ada banyak merek HP yang berkualitas, salah satunya adalah OPPO. Nah, untuk bisa bersaing dengan merek HP lainnya, OPPO terus berinovasi mengembangkan fitur terbaru untuk ditambahkan ke produk HP mereka.

Salah satunya adalah fitur yang berhubungan dengan privasi pengguna. OPPO percaya bahwa privasi pengguna yang terlindungi akan membuat mereka nyaman saat menggunakan HP tersebut. Salah satu fitur andalan yang dimiliki oleh OPPO adalah Private Safe.

Apa yang dimaksud dengan Private Safe? Maksud dari fitur Private Safe di HP OPPO ini adalah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan berbagai macam file, mulai dari foto/gambar, video, dokumen sampai lagu.

Dengan fungsinya tersebut, orang yang meminjam HP tidak akan bisa melihat foto sembarangan, karena memang sudah disimpan dengan rapat dan aman. Berkat fitur ini, pengguna OPPO tidak perlu lagi download dan memasang aplikasi brankas dari pihak ketiga.

Setelah pengguna mengaktifkan fitur Private Safe atau menyembunyikan file di dalamnya, file tersebut tidak akan terlihat lagi, di folder maupun galeri. Jadi, pengguna akan merasa aman saat terpaksa harus meminjamkan HP OPPO kepada orang lain.

2 Cara Menyembunyikan Foto di HP OPPO

Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menyembunyikan video dan foto di HP OPPO. Jangan khawatir, sebenarnya caranya tidak serumit yang dibayangkan, karena sudah tersedia fitur bawaan untuk melakukannya.

Namun, pengguna HP OPPO baru, bisa cek cara menyembunyikan foto di galeri OPPO di bawah ini:

1. Menyembunyikan Foto di HP OPPO

Terkadang, ada foto, video atau dokumen rahasia di HP, yang saking rahasianya, tidak boleh sembarangan orang melihatnya. Nah, daripada overthinking ketika HP dipinjam teman, lebih baik menyembunyikan file tersebut sekalian.

  • Buka HP OPPO, lalu masuk ke Settings.
  • Selanjutnya buka menu Privacy, dan pilih Private Safe.
  • Jika baru akan menggunakan Private Safe pertama kali, maka harus membuat PIN/Password dan pattern terlebih dahulu.
  • Jika sudah membuat PIN dan pattern, Private Safe akan terbuka, dan terdaftar folder Audio, Photos, Documents dan Other di dalamnya.
  • Jika ingin menyembunyikan foto di HP OPPO, maka pilih Photos dan klik Add+ untuk menyembunyikan foto.
  • Selanjutnya pilih foto mana saja yang ingin disembunyikan lalu klik Set as Private.
  • Jika semua foto atau file lainnya telah dimasukkan, klik Done.
  • Selesai, nantinya foto tersebut tidak akan terlihat lagi di galeri HP OPPO maupun File Manager.

Selama tidak ada orang lain yang tahu PIN dan pattern dari Private Safe tersebut, maka tidak akan ada orang lain yang bisa melihat foto tersebut. Pastikan untuk tidak memberitahu PIN dan pattern agar foto privat tersebut tidak disalahgunakan oleh orang lain.

2. Memunculkan Kembali Foto yang Disembunyikan

Selain cara sembunyikan foto di HP OPPO di atas, pengguna juga harus tahu bagaimana cara memunculkannya kembali. Terkadang, pengguna ingin agar foto yang disembunyikan tersebut muncul di galeri, agar mudah untuk mengaksesnya.

Pasalnya, jika masih tersimpan di Private Safe, harus memasukkan PIN dan pattern terlebih dahulu untuk mengakses foto yang disembunyikan tersebut. Karena itu, penting untuk tahu bagaimana cara mengembalikan foto yang tersembunyi agar kembali terlihat di galeri.

  • Pertama, buka aplikasi Photos yang terpasang HP OPPO.
  • Kemudian tekan tab Photos lama, sampai muncul jendela baru untuk memasukkan PIN dan pattern.
  • Selanjutnya masukkan PIN atau pattern yang sudah diatur sebelumnya, jangan sampai salah.
  • Jika sudah, Private Safe akan terbuka dan foto yang disembunyikan akan ditampilkan.
  • Selanjutnya pilih satu atau beberapa foto yang ingin dimunculkan kembali, lalu klik Set as Public.
  • Selesai, setelah disetel sebagai publik, foto tersebut akan kembali muncul di galeri dan File Manager.

Fitur Private Safe di atas hampir tersedia di semua HP OPPO, entah keluaran lama maupun terbaru seperti OPPO series A16, A5S, A3S, A54, A15, A37, A12, F1, Reno, dan lainnya. OPPO memang sangat berkomitmen untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menggunakan HP, yaitu dengan melindungi privasi mereka.

5 Aplikasi Terbaik untuk Menyembunyikan Foto di HP OPPO

Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang dapat Kamu gunakan untuk menjaga privasi foto-foto di HP OPPO beserta informasi detail ukuran aplikasi dan tautan unduh dari Play Store:

No. Aplikasi Ukuran Aplikasi Sistem Operasi Jumlah Unduhan Unduh dari Play Store
1. FotoX – Foto & Video Locker Sekitar 14 MB Android 5 Juta+ Unduh di Play Store
2. KeepSafe Sekitar 31 MB Android 10 Juta+ Unduh di Play Store
3. Vault-Hide Sekitar 14 MB Android 50 Juta+ Unduh di Play Store
4. Calculator Vault Sekitar 7 MB Android 1 Juta+ Unduh di Play Store
5. Private Photo Vault Sekitar 13 MB Android 20 Juta+ Unduh di Play Store

1. FotoX – Foto & Video Locker

FotoX adalah aplikasi yang andal untuk menyembunyikan foto dan video pribadi di HP OPPO Anda. Dengan menggunakan pola kunci, PIN, atau sidik jari, kamu dapat mengunci dan menyembunyikan foto-foto penting. Selain itu, FotoX juga memungkinkan kamu membuat album tersembunyi untuk mengatur dan melindungi koleksi foto kamu yang ingin dirahasiakan.

2. KeepSafe

KeepSafe adalah salah satu aplikasi populer yang menyediakan perlindungan kuat untuk foto dan video pribadi di HP OPPO. Dengan menggunakan PIN, pola, atau sidik jari sebagai pengaman, kamu dapat mengunci dan menyembunyikan foto-foto sensitif. Keamanan tambahan seperti pemantauan intrusi dan fitur pemalsuan login juga tersedia dalam aplikasi ini.

3. Vault-Hide

Vault-Hide adalah aplikasi keamanan yang dapat diandalkan untuk menyembunyikan foto, video, dan file pribadi lainnya di HP OPPO Anda. Dengan menggunakan kode PIN, pola kunci, atau sidik jari, kamu dapat mengunci dan menyembunyikan foto-foto pribadi di dalam brankas yang dilindungi. Fitur-fitur tambahan seperti perekaman log intrusi dan pemalsuan juga ditambahkan untuk meningkatkan tingkat keamanan.

4. Calculator Vault

Calculator Vault adalah aplikasi unik yang menawarkan perlindungan foto dan video tersembunyi dengan menyamar sebagai kalkulator. Dengan menggunakan kode akses seperti PIN atau pola kunci, kamu dapat mengunci dan menyembunyikan foto-foto pribadi dengan aman di dalam aplikasi ini.

5. Private Photo Vault

Private Photo Vault merupakan salah satu aplikasi aman untuk menyembunyikan foto-foto pribadi di HP OPPO. kamu dapat membuat album tersembunyi dan mengunci mereka dengan kode akses yang kamu tentukan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti penguncian otomatis, penyamaran, dan pemantauan intrusi untuk memberikan perlindungan ekstra.

Jika kamu masih kebingungan dengan penjelasan diatas, kamu bisa cek video yang sudah Kazu siapkan dibawah ini. Mungkin tutorialnya sedikit berbeda, namun kamu pasti bisa kalau mengikutinya dengan perlahan.

Source : Syam Kapuk

Penutup

Itulah cara menyembunyikan foto di HP OPPO dari Kazu yang tergolong mudah, mengingat sudah ada fitur brankas bawaan. Dengan fitur tersebut, pengguna OPPO bisa menyimpan foto, video, lagu sampai dokumen rahasia agar tidak bisa diakses sembarang orang.

Tutorial Oppo Lainnya

Tutorial Android Lainnya