Wajib Tahu Cara Mengatasi Laptop Freeze Ampuh

Mungkin Kamu salah satu pengguna laptop yang pernah mengalami dimana tiba tiba kinerjanya mengalami kemacetan. Kondisi seperti ini sering orang sebut dengan istilah laptop freeze atau hang. Jika hal ini terjadi pengguna harus segera mengatasinya. Untuk itulah penting mempelajari cara mengatasi laptop ngefreeze.

Kondisi laptop freeze memang sangat mengganggu produktivitas pengguna sehingga kinerja terhadap. Biasanya jika Laptop kamu mengalami hal ini, beberapa aplikasi bahkan pointer mouse tidak bisa bergerak. Maka dari itu, penting untuk segera mengambil tindakan penangannya.

Apa yang dimaksud dengan Laptop Freeze ?

Sebelum mempelajari cara mengatasi laptop ngefreeze, setidaknya Kamu harus tahu terlebih dahulu pengertian dari kondisi laptop ini. Laptop freeze merupakan sebuah keadaan di mana layar pada perangkat ini tidak mampu bergerak atau tiba tiba terdiam.

Dengan kata lain sebagai pengguna kamu hanya akan melihat sebuah gambar laptop yang tidak bergerak sama sekali. Ketika hal ini terjadi pengguna tidak akan bisa melakukan apa apa dan aktivitas pekerjaan langsung terhenti sekitar saat masalah ini muncul.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Laptop Ngelag dengan Benar

Biasanya terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan masalah ini muncul misalnya terkena virus. Kondisi laptop freeze memang sangat tidak mengenakan karena terjadi secara tiba tiba. Untuk terhindar dari masalah seperti ini Kamu harus mempelajari cara mengatasinya.

Inilah Beberapa Metode dan Cara Mengatasi Laptop Ngefreeze Ampuh

Untuk mengatasi masalah ini sendiri, terdapat beberapa cara atau metode yang dapat kamu gunakan. Ketika pengguna sedang berhadapan dengan masalah ini memang harus langsung mengambil tindakan karena ini cukup mengganggu. Berikut adalah beberapa cara mengatasi laptop ngefreeze.

1. Mengurangi Aplikasi yang Ada

Cara mengatasi laptop ngefreeze pertama yang bisa Kamu gunakan adalah mengurangi aplikasi yang terlalu banyak pada laptop. Kebanyakan pengguna laptop sekarang memang kurang memperhatikan kapasitas laptopnya ketika hendak menginstal aplikasi.

Setiap produk laptop memiliki kemampuan dan spesifikasinya masing masing. Ketika hendak menginstall aplikasi usahakan untuk melihat kapasitas ini terlebih dahulu agar nantinya tidak menumpuk. Metode satu ini sangat cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell.

2. Tingkatkan Kapasitas RAM

Komponen RAM memainkan peran penting dalam memproses pembacaan data pada laptop. Laptop freeze bisa terjadi jika RAM tidak mampu atau tak berfungsi dengan baik dalam membaca berbagai perintah dalam laptop. Rendahnya kapasitas ram memang jadi penyebab munculnya masalah ini.

Apabila kebutuhan penggunaan laptop Kamu meningkat namun belum mengupgrade kapasitas RAM. Maka akan terjadi kondisi Freeze ini. Jadi solusi terbaik agar terhindar dari laptop freeze meningkatkan RAM. Cara mengatasi laptop yang ngepreeze satu ini cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell.

3.  Menghapus BIOS Cache Laptop

Cara mengatasi laptop ngefreeze berikutnya yang dapat Kamu gunakan adalah dengan menghapus item BIOS cache yang ada pada laptop. Biasannya file cache ini kerap kali membuat laptop mengalami masalah. Cara ini cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell. Untuk menghapusnya berikut langkah langkahnya :

  • Apabila kondisi laptop sudah Freeze segara restart
  • Caranya dengan menekan lalu tahan tombol power laptop
  • Tunggu sampai laptop benar benar mati
  • Kemudian hidupkan kembali masuk BIOS
  • Caranya tekan secara terus menerus tombol F12, F11, F8 atau F2 pilih salah satu
  • Jika sudah masuk bios carilah menu Advanced Bios Features
  • Kemudian klik opsi Bios Cache dan atur jadi disable
  • Jika berhasil enter dan hidupkan kembali

4. Aktifkan Fitur End Task Windows

Cara mengatasi laptop ngefreeze selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur End Task Windows yang bisa seluruh pengguna laptop akses. Metode ini cukup mudah dan cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell dalam mengatasi masalah not responding. Untuk langkah langkahnya sebagai berikut :

  • Jika kondisi freeze terjadi langsung perhatikan keyboard
  • Kemudian tekan secara bersama tombol Shift+CTRL+ESC
  • Jika berhasil akan muncul jendela baru task manager
  • Kemudian end task program yang membuat freeze tadi
  • Maka proses pun selesai

5. Memasang Antivirus

Virus merupakan sumber masalah untuk sistem operasi pada laptop. Kondisi freeze yang sering pengguna alami ketika menggunakan laptop kebanyakan karena adanya virus ini. Jika hal ini terjadi karena virus pastikan untuk memasang Antivirus.

Baca juga : 4 Cara Ngeprint di Laptop Paling Gampang Dilakukan 

Terdapat banyak sekali Antivirus sekarang yang Kamu dapat gunakan. Usahakan mencari yang benar benar terpercaya dapat melindungi Laptop dari segala gangguan. Jika terdapat dana lebih gunakan Antivirus berstatus premium atau berbayar. Cara atasi laptop ngefreeze satu ini cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell.

6. Mengganti Kipas Laptop

Cara mengatasi laptop ngefreeze terakhir yang cukup ampuh adalah menghindarkan laptop dari kondisi overheat atau kepanasan. Kehadiran kipas laptop memang sangat penting terutama bagi Kamu yang menggunakan laptop seharian.

Jika sudah memilikinya namun angin yang keluar dari kipas sudah berkurang, mungkin sudah saatnya Kamu mengganti dengan fan atau kipas laptop baru. Apabila belum memilikinya sudah saatnya untuk membeli kipas laptop karena ini merupakan perangkat yang sangat penting. Metode atasi laptop ngefreeze ini cocok untuk semua merk laptop Acer, Lenovo, Asus, Hp, Dell.

Alasan Kenapa Laptop Bisa Freeze

Untuk terhindar dari kondisi di mana laptop jadi freeze tentu terdapat beberapa hal yang perlu Kamu hindari. Ada beberapa faktor atau alasan yang membuat laptop ngefreeze. Berikut adalah penjelasannya lebih dalam :

1. Kepenuhan Memori

Terdapat dua komponen pada laptop yang berfungsi sebagai media penyimpanan memori yaitu RAM. RAM sendiri berfungsi untuk membaca, memproses, dan menyimpan perintah perintah yang pengguna jalankan ketika memakai laptop. RAM sendiri memiliki kapasitas yang bisa penuh.

Jika RAM sudah penuh maka otomatis laptop akan melambat bahkan parahnya ngefreeze. Sering kali laptop yang ngefreeze ini terjadi akibat kapasitas RAM tidak memadai untuk menjalankan banyakan pintas laptop. Untuk terhindar usahakan meningkatkan kapasitas RAM agar lebih baik dalam bekerja.

2. Corruptnya Sistem File

Untuk pengguna yang memakai Sistem operasi windows baik 7, 8, atau 10 sering terjadi yang namanya corrupt file. Kondisi ini dapat mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Cara mengatasi laptop ngefreeze windows 10, 7, hingga 8 adalah dengan melakukan instalasi ulang.

Baca juga : Mengetahui Cara Meredupkan Layar Laptop Semua Merk

Proses instalasi ulang ini sangat lama dan membutuhkan proses cukup panjang. Tahapan tahapannya juga cukup rumit dan memerlukan kemampuan yang matang. Untuk melakukan instalasi ulang alangkah baiknya menyerahkan kepada teknisi atau ahlinya.

3. Terjadi Gangguan pada Hardisk

Penyebab lainnya yang dapat membuat laptop ngefreeze adalah kerusakan pada Hardisk. Biasanya kerusakan pada Harddisk terjadi karena pemakaian yang berlebihan atau laptop pernah terbanting sehingga harddisk bergetar.

Kondisi ini juga sering orang sebut bad sector. Jika hardisk pernah mengalami hal ini wajar jika saat Kamu mempraktekan salah satu cara mengatasi laptop ngefreeze di atas gagal. Solusi terbaik adalah mengganti HDD dengan yang baru.

Penutup

Demikian informasi mengenai cara mengatasi laptop ngefreeze. Melihat betapa seriusnya masalah laptop yang ngefreeze ini tidak ada alasan bagi Kamu untuk tidak mempelajari cara mengatasi masalah ini dengan baik dan benar.